Judul: EVALUASI
PEMBELAJARAN, PRINSIP, TEKNIK, PROSEDUR.
Penulis: Zaenal Arifin
Penerbit: PT. Remaja Rosdakarya
Salah satu komponen penting yang juga
merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan
evaluasi pembelajaran. Istilah “evaluasi” sengaja digunakan oleh penulis untuk
membedakannya dengan istilah “penilaian”. Alsannya, pembelajaran sebagai suatu
sistem tidak hanya terdiri atas hasil belajar tetapi juga komponen-komponen
penting lainnya, seperti guru, strategi, dan media. Namun, bukan berarti di
dalam buku ini tidak digunakan istilah penilaian karena hal tersebut merupakan
bagian tak terpisahkan dari evaluasi itu sendiri.
Sebagai bentuk akuntanbilitas guru dalam
melaksanakan pembelajaran, maka setiap guru dan tenaga kependidikan lainnya
harus memahami konsep, prinsip, teknik, dan prosedur evaluasi pembelajaran
sehingga hasil evaluasi dapat memberikan kepuasan bagi berbagai pihak. Di lingkungan
pendidikan formal, guru juga harus dapat menggunakan berbagai inovasi dan model
penilaian yang diamanatkan oleh pemerintah melalui Kurikulum Berbasis
Kompetensi tahun 2004, yaitu penilaian berbasis kelas (classroom-based assesment) dengan salah satu jenisnya adalah
penilaian portofolio (portofolio
assesment).
Hasil evaluasi pembelajaran selain untuk
mengisi buku rapor peserta didik juga dapat dijadikan feedback bagi guru untuk melakukan refleksi pelaksanaan
pembelajaran. Dengan demikian, setiap saat guru dapat meningkatkan kinerjanya
sehingga secara bertahap tapi pasti mutu pendidikan dapat ditingkatkan.
0 Response to "Review Singkat Buku: EVALUASI PEMBELAJARAN, PRINSIP, TEKNIK, PROSEDUR."
Post a Comment