Menurut Syah (2010: 10), pendidikan
merupakan proses yang melibatkan metode-metode tertentu sehingga orang dapat
memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai
kebutuhan. Dari pernyataan tersebut, dapat diketahui bahwa pendidikan
melibatkan banyak metode. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan
pemahaman tertentu sehingga dapat berperilaku sesuai kebutuhan.
Proses pendidikan tentu melibatkan
banyak hal. Mulai dari pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, kebudayaan,
sistem pendidikan, kondisi psikologi, dan lingkungan belajar, merupakan hal-hal
yang sangat mempengaruhi keberhasilan pendidikan. Dengan demikian, banyak
dimensi pendidikan yang perlu diselaraskan satu sama lain. Namun, secara garis
besar, dimensi tersebut dapat dibagi menjadi dua bagian penting, yaitu dimensi
kultural dan psikologi.
Secara fisik, pendidikan tidak dapat
dilepaskan dari kebudayaan daerah masing-masing. Kultur atau kebudayaan ini
biasanya justru menjadi landasan pendidikan suatu daerah. Dengan demikian,
proses pendidikan akan sangat bergantung pada kebudayaan yang berkembang.
Sebaliknya, kebudayaan perlu tetap dilestarikan melalui proses pendidikan.
Selain faktor kebudayaan yang merupakan
cerminan fisik, faktor psikologi pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap
keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan. Syah (2010: 15) menyatakan bahwa psikologi
pendidikan adalah suatu disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologi
yang terjadi dalam dunia pendidikan. Hal ini menegaskan bahwa pendidikan juga melibatkan
aspek-aspek psikologi.
Dimensi kultural psikologi pendidikan
adalah ruang lingkup kebudayaan dan kejiwaan yang berkaitan dengan pendidikan.
Dengan demikian, pendidikan harus dirancang sesuai dengan kondisi kebudayaan
dan perkembangan psikologi. Hal ini diperlukan karena kehidupan manusia tidak
dapat dilepaskan dari aspek kultural psikologi.
(Y)
ReplyDeletelantas apa perbedaan antara "Psikologi Pendidikan" dengan "dimensi kultural psikologis dalam Pendidikan"?
Setahu saya, psikologi pendidikan membahas pendidikan dalam aspek psikologinya. Sedangkan dimensi kultural spikologi pendidikan membahas pendidikan dari ruang lingkup yang lebih luas karena selain aspek psikologi, aspek kultur/budaya juga dibahas.
Delete