DUBES AMERIKA JANJIKAN PERMUDAH PELAJAR INDONESIA YANG INGIN KULIAH DI AMERIKA SERIKAT, BAGAIMANA SIKAP KITA?

Menempuh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi adalah keinginan mayoritas para siswa. Tidak terkecuali siswa yang ada di Indonesia. Apalagi pada tanggal 13 April 2015 akan dilaksanakan Ujian Nasional bagi siswa SMA. Meskipun Ujian Nasional tidak lagi menjadi satu-satunya syarat yang menentukan kelulusan siswa, namun Ujian Nasional juga menjadi momentum bagi para siswa untuk mengukur sejauh mana kompetensi mereka dalam ranah "kognitif".

Baru-baru ini, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake, seperti dilansir surat kabar KOMPAS, mengajak pelajar Indonesia agar dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi di Amerika. Bahkan ia menjanjikan kepada pelajar Indonesia, pihaknya akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam pengurusan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk belajar di AS. Adapun syarat-syarat yang mendapat kemudahan antara lain dalam hal pengurusan visa, layanan informasi, dan juga beasiswa.

DUBES AMERIKA JANJIKAN PERMUDAH PELAJAR INDONESIA YANG INGIN KULIAH DI AMERIKA SERIKAT, BAGAIMANA SIKAP KITA?
Kondisi Pendidikan yang ada di Indonesia.

Hal tersebut tentu harus disikapi dengan bijak oleh para siswa maupun oleh pemerintah. Di satu sisi, tawaran tersebut memberikan peluang bagi generasi muda bangsa Indonesia untuk dapat memperkaya dan meningkatkan potensi dirinya. Di lain pihak, jika para siswa dan pemerintah tidak menyikapi dengan seksama, bukan tidak mungkin generasi muda Indonesia akan "enggan" untuk kembali ke negara asalnya.

Secara umum telah dapat kita ketahui bahwa kondisi pendidikan di Amerika memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap. Hal itu akan membawa keuntungan tersendiri bagi siswa yang dapat belajar di sana. Namun, hendaknya generasi muda Indonesia yang berkesempatan untuk "mencicipi" perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di Amerika, juga dapat mengadopsi dan menginovasi perkembangan IPTEK tersebut yang kemudian "ditularkan" kepada generasi muda Indonesia yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan di luar negeri.

Kita semua pasti berharap kepada generasi muda bangsa Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan yang setinggi-tingginya, dimanapun mereka menempuh pendidikan (dalam atau luar negeri). Namun hendaknya, setelah menempuh proses pendidikan itu, mereka tetap dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan masyarakat Indonesia. Selain itu, yang terpenting adalah jangan sampai rasa nasionalisme dan ideologi Pancasila menjadi terkikis akibat pengaruh budaya luar negeri.

0 Response to "DUBES AMERIKA JANJIKAN PERMUDAH PELAJAR INDONESIA YANG INGIN KULIAH DI AMERIKA SERIKAT, BAGAIMANA SIKAP KITA?"

Post a Comment