Dimensi Kultural Psikologi Pendidikan

Pendidikan adalah hak setiap orang. Melalui pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi dapat berkembang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi inilah yang diharapkan dapat meringankan pekerjaan manusia. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia.


Menurut Syah (2010: 10), pendidikan merupakan proses yang melibatkan metode-metode tertentu sehingga orang dapat memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai kebutuhan. Dari pernyataan tersebut, dapat diketahui bahwa pendidikan melibatkan banyak metode. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tertentu sehingga dapat berperilaku sesuai kebutuhan.

Proses pendidikan tentu melibatkan banyak hal. Mulai dari pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, kebudayaan, sistem pendidikan, kondisi psikologi, dan lingkungan belajar, merupakan hal-hal yang sangat mempengaruhi keberhasilan pendidikan. Dengan demikian, banyak dimensi pendidikan yang perlu diselaraskan satu sama lain. Namun, secara garis besar, dimensi tersebut dapat dibagi menjadi dua bagian penting, yaitu dimensi kultural dan psikologi.

Secara fisik, pendidikan tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan daerah masing-masing. Kultur atau kebudayaan ini biasanya justru menjadi landasan pendidikan suatu daerah. Dengan demikian, proses pendidikan akan sangat bergantung pada kebudayaan yang berkembang. Sebaliknya, kebudayaan perlu tetap dilestarikan melalui proses pendidikan.

Selain faktor kebudayaan yang merupakan cerminan fisik, faktor psikologi pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan. Syah (2010: 15) menyatakan bahwa psikologi pendidikan adalah suatu disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologi yang terjadi dalam dunia pendidikan. Hal ini menegaskan bahwa pendidikan juga melibatkan aspek-aspek psikologi.

Dimensi kultural psikologi pendidikan adalah ruang lingkup kebudayaan dan kejiwaan yang berkaitan dengan pendidikan. Dengan demikian, pendidikan harus dirancang sesuai dengan kondisi kebudayaan dan perkembangan psikologi. Hal ini diperlukan karena kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari aspek kultural psikologi.

Dimensi kultural psikologi pendidikan adalah kajian pendidikan yang memiliki ruang lingkup psikologi yang melibatkan faktor budaya. Dengan kata lain, dimensi kultural psikologi pendidikan mengkaji kebudayaan dari sudut pandang psikologi yang berhubungan dengan pendidikan.

2 Responses to "Dimensi Kultural Psikologi Pendidikan"

  1. (Y)
    lantas apa perbedaan antara "Psikologi Pendidikan" dengan "dimensi kultural psikologis dalam Pendidikan"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, psikologi pendidikan membahas pendidikan dalam aspek psikologinya. Sedangkan dimensi kultural spikologi pendidikan membahas pendidikan dari ruang lingkup yang lebih luas karena selain aspek psikologi, aspek kultur/budaya juga dibahas.

      Delete