Kesan Pemaksaan Kurikulum 2013


Kurikulum 2013 yang dicetuskan Menteri Pendidikan baru-baru ini menuai banyak tanggapan negatif dari berbagai kalangan. Betapa tidak, implementasi Kurikulum 2013 ini dinilai masih terlalu cepat. Sehingga banyak pihak yang masih merasa belum mampu beradaptasi dengan aturan-aturan baru yang termuat dalam kurikulum tersebut.

Kurikulum 2013
Implementasi Kurikulum 2013
Kementerian Pendidikan memang mencetuskan Kurikulum 2013 dengan harapan hal tersebut dapat mengubah paradigma mengajar para guru dan paradigma belajar peserta didik. Dengan mengimplementasikan Kurikulum 2013, peserta didik diharapkan mampu secara aktif dan efektif melaksanakan kegiatan belajar. Sisiwa menjadi lebih sering bertanya dan memberikan umpan balik terhadap pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Namun, di sisi lain, penerapan Kurikulum 2013 ini dirasa sangat mendadak dan minim persiapan. Masih banyak sekolah yang belum siap menjalankan Kurikulum 2013, terutama sekolah yang ada di daerah-daerah. Hal ini dikemukakan oleh Sekjen Federasi Seikat Guru Indonesia (FSGI) kepada Lampung Post, "Alasan kami, jelas kurikulum 2013 ini masih ada cacatnya karena kurangnya kesiapan sekolah dan kualitas guru di berbagai daerah. Saya tahu sistem itu dipaksakan untuk dijalankan, sayangnya hasilnya tidak akan efektif."

Selain itu, kendala juga terjadi pada pendistribusian buku-buku yang nantinya menjadi panduan siswa dalam belajar. Buku-buku mata pelajaran belum didistribusikan secara merata. Hal ini tentu membuat kesulitan tersendiri bagi guru untuk mempersiapkan materi, metode, dan media pembelajaran.

Melihat kondisi yang terjadi di masyarakat, implementasiKurikulum 2013 perlu ditinjau ulang. Kesan terburu-buru tidak dapat dihindari karena nyata-nyata masih banyak sekolah yang tidak siap dan belum mendapatkan distribusi buku yang memadai. Oleh karena itu, pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan kebudayaan hendaknya perlu melakukan berbagai macam persiapan secara komprehensif sehingga dapat meminimalisir hal-hal yang membuat penerapan Kurikulum 2013 terhambat.

0 Response to "Kesan Pemaksaan Kurikulum 2013"

Post a Comment