BAGAIMANA CARA MEMBUAT KALIMAT TOPIK YANG BAIK?

Hai Sobat Pembaca,


Kemarin saya sempat posting tentang cara membuat paragraf yang baik. Salah satu unsur yang harus terpenuhi sehingga paragraf disebut sebagai paragraf yang sempurna adalah karena adanya kalimat topik. Kalimat topik adalah kalimat yang berisi satu ide pokok dalam paragraf tersebut.

Menyambung posting saya yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips untuk membuat kalimat topik yang baik. Jika Sobat pembaca mampu membuat kalimat topik yang baik, diharapkan paragraf yang Sobat kembangkan dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Jika sudah demikian, pembaca akan bisa fokus dalam membaca tulisan Anda.
Menulis kalimat topik yang baik
Menulis kalimat topik yang baik
Kalimat topik merupakan unsur yang paling penting dalam paragraf. Fungsi dari kalimat topik adalah untuk menunjukkan secara singkat perihal yang akan dibahas dalam satu paragraf tersebut. Kalimat topik inilah yang harus dijadikan pedoman untuk membuat kalimat penjelas. Dengan demikian, kalimat penjelas tidak akan melenceng dari ide yang ingin dikemukakan. Secara khusus, pembaca akan dapat mempersiapkan diri untuk memahami isi paragraf melalui kalimat topik.

Menyadari kedudukan kalimat topik yang sangat penting, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Sobat ingin membuatnya. hal-hal tersebut akan diuraikan sebagai berikut:

Gunakan Kalimat Lengkap untuk Membuat Kalimat Topik
Unsur-unsur kalimat dalam kalimat topik hendaknya dibuat secara lengkap. Setidaknya dalam kalimat topik harus ada subjek, predikat, dan pelengkap (objek, pelengkap, atau kata keterangan). lengkapnya unsur-unsur kalimat dalam kalimat topik akan membuat kalimat topik mudah dipahami.

Kalimat Topik Jangan Terlalu Luas dan Jangan Terlalu Sempit
Inilah seni untuk membuat kalimat topik. Kalimat topik yang baik, ia harus ada batasan tertentu sehingga cakupannya tidak terlalu luas. Namun juga tidak boleh terlalu dibatasi yang menyebabkan kalimat tersebut memiliki cakupan yang sempit. Kalimat topik yang terlalu luas menyebabkan ide pengendali menjadi tidak jelas. Sedangkan kalimat topik yang terlalu rinci menyebabkan penulis mengalami kesulitan dalam mengembangkannya.

Contoh kalimat topik yang terlalu luas:
- Pentingnya emas.
- Lukisan yang bagus.

Kalimat topik di atas seharusnya dibuat dengan melengkapi unsur-unsur kalimat. Perubahan contoh kalimat topik di atas bisa saja diganti sebagai berikut:
- Emas adalah jenis logam yang memiliki harga tinggi.
- Lukisan yang dibuat oleh Leonardo da Vinci memiliki nilai estetika yang tinggi.

Contoh kalimat topik yang terlalu rinci:
- Kurikulum berasal dari bahasa Yunani, yaitu "curere" yang artinya lari atau sesuatu yang 
  harus ditempuh dalam beberapa tahapan.

Kalimat topik yang baik hendaknya ditulis dengan unsur yang lengkap. Unsur minimal yang harus ada dalam kalimat topik adalah subjek, predikat, dan pelngekap. Selain itu, kalimat topik hendaknya disusun dalam kalimat yang tidak terlalu luas dan tidak terlalu rinci.

Demikianlah Sobat Pembaca, sharing saya tentang cara membuat kalimat topik yang baik. Semoga bermanfaat. Selamat berkarya.

0 Response to "BAGAIMANA CARA MEMBUAT KALIMAT TOPIK YANG BAIK?"

Post a Comment