BAGAIMANA CARA MEMBUAT PARAGRAF YANG BAIK?

Hai Sobat Pembaca,

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai salah satu unsur dari suatu karya tulis, yaitu paragraf. Mungkin kita semua tahu apa itu paragraf. Tetapi untuk membuat paragraf yang baik, kadang kita masih mengalami kesulitan. Oleh karena itu sedikit sharing saya kali ini, diharapkan dapat memberikan penjelasan yang lebih mudah dipahami tentang bagaimana cara membuat paragraf yang baik.

Pertama-tama, kita harus mengetahui apa itu paragraf. Dalam semua karya tulis, ide-ide yang disampaikan kepada pembaca tentu disusun dalam bentuk kumpulan paragraf. Secara umum, paragraf diartikan sebagai sekelompok kalimat yang saling berkaitan untuk mengembangkan satu ide pokok. Namun demikian, jumlah kalimat dalam satu paragraf bukan hal yang utama.
Beberapa hal yang dapat dijadikan patokan dalam membuat paragraf yang baik adalah:

Satu Ide Pokok dalam Satu Paragraf
BAGAIMANA CARA MEMBUAT PARAGRAF YANG BAIK?
Paragraf yang baik dalam karya tulis
Paragraf yang baik hendaknya hanya memiliki satu ide pokok. Ide pokok tersebut biasanya dicantumkan dalam kalimat pertama dari suatu paragraf. Ide pokok inilah yang kemudian perlu dikembangkan atau dijelaskan dengan menggunakan kalimat penjelas. Untuk menghindari kebingungan, kalimat yang berisi ide pokok disebut sebagai kalimat topik. Sedangkan kalimat yang menjelaskan kalimat topik disebut sebagai kalimat penjelas.

Jumlah Kalimat dalam Satu Paragraf
Memang pada awal tulisan saya tadi, saya mengatakan bahwa jumlah kalimat dalam satu paragraf bukanlah hal yang utama. Tetapi, perlu diingat bahwa kalimat topik perlu didukung oleh kalimat penjelas. Sejauh mana batasannya? Batasannya adalah sejauh kalimat penjelas itu mampu mendukung kalimat topik.

Untuk menulis karya tulis ilmiah, pada umumnya satu paragraf paling tidak harus terdiri dari tiga kalimat. Jumlah minimal ini bisa diterjemahkan bahwa kalimat pertama adalah ide pokok atau bagian pembuka. Kalimat kedua dan ketiga adalah untuk menjelaskan dan menyimpulkan kalimat topik tersebut.

Unsur-unsur Penunjang Paragraf
Selain kalimat topik dan kalimat penjelas, paragraf yang baik biasanya memiliki unsur penunjang lainnya. Misalnya keutuhan dari paragraf dan keruntutan paragraf. Kedua hal ini harus dicermati agar ketika membuat karya tulis, Sobat Pembaca dapat membuat alur yang mengalir.

Keutuhan satu paragraf, dapat dicapai dengan syarat dalam satu paragraf tersebut hanya memiliki satu ide pokok. Ide pokok tersebut didukung oleh kalimat penjelas. Dengan demikian kalimat penjelas yang dapat digunakan adalah dengan memberikan penjelasan, contoh-contoh, atau ilustrasi yang lebih rinci dari ide pokok tersebut.

Keruntutan suatu paragraf diperlukan untuk membuat karya tulis menjadi enak dibaca. Oleh karena itu, penulis perlu menyusun kalimat pendukung dalam urutan yang logis. Kemudian penulis harus menghubungkan ide yang terdapat dalam satu paragraf dengan kata-kata transisi.

Singkatnya, paragraf yang baik adalah paragraf yang terdiri dari satu kalimat topik, kalimat penjelas, dan kalimat penyimpul. Selain itu diperlukan unsur tambahan agar paragraf tersebut menjadi sempurna, yaitu adanya keutuhan dan keruntutan kalimat dalam paragraf. Dengan demikian, kelima unsur tersebut perlu dicantumkan dalam paragraf agar paragraf tersebut menjadi paragraf yang sempurna.

Demikian sedikit sharing saya tentang cara membuat paragraf yang baik. Semoga bermanfaat bagi Sobat Pembaca. Selamat berkarya.

0 Response to "BAGAIMANA CARA MEMBUAT PARAGRAF YANG BAIK?"

Post a Comment