CARA MUDAH MEMBUAT JUDUL PENELITIAN, SKRIPSI, ATAU TESIS

Hallo Sobat Pembaca, salam hangat.


Sobat Pembaca sedang mau membuat penelitian, skripsi, atau mungkin tesis? Pusing memikirkan judul apa yang cocok? Wah tepat sekali kalau begitu. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat judul penelitian, skripsi, atau tesis.

Sebenarnya, judul penelitian, skripsi, atau tesis itu memiliki komponen yang disebut sebagai variabel. Variabel terbagi menjadi dua yaitu variabel bebas dan veriabel terikat. Nah yang menjadi masalah adalah bagaimana kemudian kita mencari variabel bebas dan terikat untuk dijadikan judul penelitian, skripsi, atau tesis?

CARA MUDAH MEMBUAT JUDUL PENELITIAN, SKRIPSI, ATAU TESIS
Tips membuat judul penelitian, skripsi, dan tesis.
Cara yang paling mudah sebenarnya adalah melihat fenomena yang terjadi di sekitar kita. Tentu fenomena tersebut harus berkaitan dengan hal yang ingin kita teliti. Bagi Sobat Pembaca yang sedang membuat skripsi atau tesis, hendaknya fenomena yang terjadi disesuaikan dengan jurusan pendidikan di bangku kuliah yang sedang ditempuh.

Dengan mengamati fenomena yang terjadi di sekitar kita secara detail, maka kita akan mampu menemukan masaah-masalah. Kumpulan masalah itulah yang bermanfaat untuk membuat judul penelitian atau skripsi dan tesis kita nantinya. Ingat, penelitian atau penulisan skripsi dan tesis adalah untuk menyelesaikan suatu masalah secara ilmiah.

Setelah terkumpul berbagai macam masalah, selanjutnya Sobat Pembaca perlu menganalisis masalah yang terjadi sesuai dengan bidang penelitian kita. Jika selesai memilih masalah, maka Sobat Pembaca hendaknya menganalisis masalah itu mengenai penyebab permasalahan terjadi, waktu terjadinya masalah, lokasi masalah ditemukan, dan apakah telah ada langkah-langkah penanggulangan masalah yang terjadi.

Setelah itu, hasil analisis bisa digunakan sebagai variabel bebas dalam membuat judul. Sedangkan masalahnya sendiri bisa digunakan sebagai variabel terikat. Saya akan memberikan sedikit ilustrasi mengenai hal ini. Misalnya masalah yang ditemukan adalah mobil mogok. Setelah dianalisis, penyebab mobil mogok bisa jadi karena masalah mesin mobil, masalah accu mobil, mogok ketika banjir, mogok karena kehabisan bahan bakar, dan lain-lain. Dari hasil analisis tersebut, kita bisa mengambil beberapa hal untuk djadikan variabel bebas dan kemudian menjadikan masalahnya sendiri sebagai variabel terikat. Agar lebih jelas, perhatikan gambar berikut:


CARA MUDAH MEMBUAT JUDUL PENELITIAN, SKRIPSI, ATAU TESIS
Masalah dan berbagai analisisnya
Judul penetilian yang saya buat dari hasil analisis tersebut misalnya: "PENGARUH KONDISI MESIN MOBIL DAN BANJIR TERHADAP PERFORMA LAJU KENDARAAN BERMOTOR." Dari judul tersebut, dapat diketahui bahwa kondisi mesin dan banjir adalah variabel bebas. Sedangkan performa laju kendaraan bermotor adalah variabel terikat. Judul tersebut menggambarkan hubungan sebab akibat antara variabel bebas dan terikat.

Itulah Sobat Pembaca, tips cara mudah membuat judul penelitian, skripsi, atau tesis yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat bagi Sobat Pembaca sekalian. Selamat berkarya.

0 Response to "CARA MUDAH MEMBUAT JUDUL PENELITIAN, SKRIPSI, ATAU TESIS"

Post a Comment