BAHASA INGGRIS SULIT?

Masing-masing orang memiliki pandangan dan pemikiran tersendiri ketika mempelajari suatu bahasa. Beberapa orang mungkin memiliki pemahaman yang baik dan cepat terhadap bahasa yang dipelajari. Namun, bagi orang lain belum tentu bisa.

Dalam hal ini, seorang pembelajar biasanya mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris. Padahal, bahasa internasional yang banyak digunakan adalah bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting kiranya kita belajar bahasa internasional itu. Karena disadari atau tidak, pemahaman terhadap bahasa Inggris akan memberikan manfaat kepada kita. Contoh mudahnya adalah ketika ingin berkomunikasi dengan turis asing di tempat wisata yang kita kunjungi.


Ada beberapa aspek yang menunjang seorang pembelajar untuk mempelajari bahasa Inggris. Aspek-aspek tersebut adalah vocabulary, tenses, reading, listening, writing, dan conversation.

Vocabulary adalah pengetahuan tentang kosa kata bahasa Inggris. Semakin banyak kita mengenal kosa kata bahasa Inggris, semakin mudah kita berbicara.

Tenses biasanya berhubungan dengan grammar. Secara umum, tenses sangat penting dipelajari untuk suasana yang formal. Misalnya menulis surat resmi dan berbicara dalam forum resmi.

Reading, listening, and writing adalah kemampuan membaca, mendengarkan, dan menulis. Hal ini bukan hanya sekadarnya saja, tetapi mencakup pengertian secara keseluruhan. Semua itu akan lebih bermakna ketika seseorang mulai terlibat dalam interaksi komunikasi (conversation).

Nah, sekarang muncul pertanyaan, bagaimanakah caranya agar dapat berbahasa Inggris dengan lancar dan baik? Jawabannya adalah gunakan bahasa itu sesering mungkin. Seseorang tidak mungkin dapat menguasai bahasa, jika dia tidak mau menggunakannya. Apapun bahasanya.

Masalah terbesarnya adalah kepercayaan diri saat kita menggunakan bahasa asing tersebut. Kita sering kali merasa minder atau malu atau apapun itu istilahnya. Yang jelas kita takut menggunakan bahasa Inggris.

Ingatlah, bahwa bahasa diciptakan sebagai alat komunikasi. Jadi, untuk tahap awal, kalian bisa mengesampingkan masalah BENAR/SALAH. Jadi kalian tidak perlu khawatir ketika kata-kata yang kalian ucapkan itu salah. Namanya saja belajar, iya kan? Yang penting, pihak lawan bicara kita mengerti maksud kita. Itulah fungsinya bahasa diciptakan.

Selain itu, masalah lingkungan eksternal juga mempengaruhi. Tidak jarang pada suasana tertentu, seseorang yang menggunakan bahasa Inggris justru menjadi bahan celaan oleh rekan-rekannya.

Solusinya adalah dengan membentuk suatu komunitas yang memiliki tujuan yang sama, yaitu belajar bahasa Inggris. Kemudian, aktiflah dalam komunitas tersebut secara kontinyu. Dengan demikian kita akan mampu belajar setahap demi setahap.

So, please learn more.
Selamat belajar.

0 Response to "BAHASA INGGRIS SULIT?"

Post a Comment