PĀṬIMOKKHA SĪLA

belajajar--yuks.blogspot.com
Pembacaan pāṭimokkha oleh
para bhikkhu.
Dalam Kitab Mahāvagga, istilah pāṭimokkha berasal dari kata pamukha yang berarti terdepan dalam kualitas yang terampil, serta mukkha yang berarti awal atau masuk. Dalam hal ini, pāṭimokkha seringkali digunakan sebagai kata yang menunjukkan peraturan latihan bagi para bhikkhu dan bhikkhūṇi. Namun jika dimengerti lebih lanjut, pāṭimokkha tidak hanya sekadar kode dasar aturan pelatihan. Di dalamnya juga terdapat khotbah Buddha di mana prinsip dasar ajaran Buddha dikemukakan. Dengan demikian, pāṭimokkha memiliki pengertian sebagai seperangkat prinsip dasar untuk mempraktikkan ajaran Buddha.

Pāṭimokkhasaṁvara sīla harus dijalankan dengan penuh keyakinan (saddhā) (Mon. 2012: 37). Dengan adanya keyakinan yang benar, seorang pelaksana sīla tersebut tidak akan berperilaku melenceng. Penganalogian yang bisa dipakai adalah bagaikan seorang ibu yang melindungi putra tunggalnya, ibu tersebut tidak akan membiarkan putranya celaka. Demikian pula pelaksana pāṭimokkha sīla, seharusnya menjaga sīla tersebut dan tidak membiarkannya terlanggar.

Pāṭimokkha adalah sebutan secara kolektif peraturan bhikkhu maupun bhikkhūṇi. Namun demikian, pāṭimokkha bisa diklasifikasikan ke dalam dua jenis, yaitu ovādapāṭimokkha dan anāpāṭimokkha. Keduanya harus dibacakan ulang setiap hari uposatha sebagai bagian dari kegiatan yang dilakukan oleh Saṅgha.

0 Response to "PĀṬIMOKKHA SĪLA"

Post a Comment